Pemkab Bogor Perpanjang Uji Coba PTM Untuk Persiapan PTM Serentak

No Comments

smart-telecaster – Pemerintah Kabupaten Bogor di Jawa Barat memperpanjang masa uji coba Pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas selama pandemi Covid-19. Bupati Bogor Ade Yasin menyatakan perpanjangan dilakukan untuk pembelajaran tatap muka serentak pada Juli 2021.

Pemkab Bogor Perpanjang Uji Coba PTM Untuk Persiapan PTM Serentak Pada Juli 2021

“Dilanjut, kemungkinan memenuhi persyaratan dibuka untuk persiapan pada Juli,” kata Ade Yasin di ruang kerjanya di Cibinong, Bogor, Minggu (11/4/2021).

Ia mengklaim, persidangan dari 9 Maret hingga 10 April 2021 berjalan lancar. Pasalnya, meski beberapa satuan pendidikan masih didapati belum menerapkan protokos kesehatan secara tegas, tidak ada sekolah yang menjadi klaster dalam kelompok penularan Covid-19.

Dia berkata: “Jika sebuah sekolah tidak mematuhi protokol kesehatan yang ketat, harap tindak lanjuti masalah tersebut dari ujung hingga ujung.”

Saat masa uji coba PTM, Bupati Bogor menegaskan agar siswa tidak diperbolehkan membeli makanan atau jajan di luar sekolah, sehingga didorong untuk membawa bekal makanan dan minuman dari rumah.

Selain itu, pembelajaran hanya berlangsung sekitar dua jam, kemudian siswa diminta segera pulang agar tidak ada kegiatan lain di dalam atau di sekitar sekolah.

Ade Yasin mengatakan sidang PTM dibatasi tiga landasan hukum, yakni SKB Tiga Menteri Nomor 516 Tahun 2020, Perbup Bogor Nomor 60 Tahun 2020, dan Perbup Bogor Nomor 15 Tahun 2021.

Di antara 232 sekolah yang dikirim, 170 sekolah telah melakukan eksperimen pembelajaran tatap muka. Jumlah tersebut meliputi 29 SD negeri, 24 Madrasah Ibtidaiah (MI), 28 SMP, 18 Madrasah Tsanawiah (MTs), 7 Madrasah Aliyah (MA), 32 SMA dan 32 SMK.

Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Pendidikan (Disdik) memberikan 11 poin bimbingan teknis tata cara protokol kesehatan bagi 170 sekolah dengan PTM terbatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *